7 Cara Merawat Rok Plisket Agar Awet

Kehidupan jaman sekarang sepertinya tidak lepas dari fashion yang setiap harinya selalu meluncurkan produk-produk baru mulai dari baju, celana, sepatu bahkan aksesoris. Oldies fashion juga menjadi salah satu daya tarik yang mulai naik daun lagi, salah satunya adalah rok plisket. Dengan ciri khasnya yang berlipit-lipit, rok plisket hadir dengan kesan santai namun apabila kamu memadukannya dengan atasan dan sepatu elegan maka akan menjadi sebuah style yang sangat manis dan anggun.

Rok plisket sangat cocok dipadukan dengan berbagai pakaian dan aksesoris sehingga membuatnya sangat fashionable dan sangat digemari oleh kaum milenial. Selain itu juga, walaupun gombrong dan tidak ketat, potongan A Line rok plisket membantu mempertegas bentuk lekuk tubuh namun tidak menonjol sehingga membuatnya fit to jumbo size.

Nah, apabila kamu sudah memiliki rok plisket ataupun berencana untuk membelinya, sebaiknya kamu simak beberapa tips untuk merawat rok plisket berikut ini.

1. Perhatikan Label Cara Perawatan

Walaupun terkadang luput dari perhatian kita, beberapa merek pakaian yang kita beli di toko biasanya selalu menyertakan label cara perawatan termasuk salah satunya terdapat pada rok plisket. Karena setiap rok plisket yang kita beli terbuat dari bahan yang berbeda-beda maka treatment untuk setiap bahan-bahan itu juga berbeda lhoo, misalkan ada ikon yang menunjukan tidak boleh dicuci menggunakan mesin bahkan tidak boleh disetrika. Jadi, demi menjaga keawatan rok plisketmu, ada baiknya untuk memperhatikan label ini ya.

2. Cucilah Tanpa Dikucek

Rok plisket sebaiknya hanya dicuci manual atau dengan tangan di air sabun dengan cara dicelup-celup saja dan tanpa dikucek untuk menjaga lipit-lipitnya tetap awet. Setelah itu langsung dibilas sampai bersih dan pastikan untuk diperas pelan-pelan. Hindari penggunaan sikat atau mesin cuci ya supaya tidak menghilangkan pola garisnya.

3. Dilarang Menggunakan Mesin Pengering

Seperti tips sebelumnya yang menyarankan pencucian rok plisket tanpa mesin cuci, selanjutnya kamu juga sebaiknya menghindari penggunaan mesin pengering dan menggabungkannya dengan pakaian lain. Gerakan memutar pada mesin pengering dapat membuat rok plisket saling terikat erat dengan pakaian lain sehingga dapat membuat lipitannya tertarik dan menjadi rusak.

4. Hindari Menjemur di Bawah Matahari Langsung

Pada saat menjemur rok plisket, hindarilah menjemur seharian di tempat yang berada langsung di bawah sinar matahari. Selain merubah warna menjadi lusuh juga akan menyamarkan pola garisnya sehingga pada saat dipakai akan sangat mengurangi keindahan rok plisket. Sebaiknya ditempatkan ditempat yang teduh dan berangin. Gantunglah dengan menggunakan hanger dan jangan langsung di tali jemuran karena bisa berpengaruh pada lipit-lipitnya yang pasti akan cepat hilang.

5. Harus Disetrika dengan Hati-Hati

Sebenarnya menyetrika rok plisket tidak harus dilakukan setiap kali setelah dicuci, asalkan kamu menyimpannya dengan rapi maka lipit-lipitnya akan tetap awet. Dan bahkan ada baiknya untuk disetrika sesekali saja karena terlalu sering disetrika dapat berpengaruh pada kain rok plisket itu sendiri sehingga lipit-lipitnya bisa berubah menjadi samar. Apabila kamu mau menyetrika rok plisket, pakailah suhu yang tidak terlalu panas dan kamu harus mengatur lipitannya terlebih dulu sesuai pola garis yang ada kemudian setelah itu disetrika. Karena menyetrika rok plisket akan memakan waktu jadi kamu harus sabar ya.

6. Gunakan Bantuan Paper Clips

Buat kamu yang belum terbiasa menyetrika rok plisket, sebaiknya kamu bisa menggunakan bantuan paper clips untuk menjepit pola garis di bagian bawah rok. Memang agak sedikit merepotkan tapi ada baiknya hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Cara Menyimpan yang Benar

Apabila kamu masih merapikan rok plisket dengan cara dilipat kemudian dimasukkan ke lemari, sebaiknya kamu harus segera menghentikannya karena itu adalah cara yang salah terlebih lagi apabila disimpan untuk waktu yang lama. Hal itu tentu saja sangat berpengaruh pada lipit-lipitnya yang akan tersamarkan dan perlahan-lahan hilang karena cara melipat yang sangat tidak disarankan untuk rok plisket.

Nah, ada dua cara menyimpan rok plisket agak lipitannya tetap awat, yaitu :

  • Apabila kamu punya lemari yang ada gantungannya, lebih baik rok plisket digantung dengan hanger baru digantung di lemari aga lipit-lipitnya tidak terlipat dan tetap rapi.
  • Apabila kamu tidak mempunyai lemari gantung, cara yg tepat untuk menyimpan rok plisket adalah digulung pada bagian karet pinggangnya. Setelah digulung, putarlah rok bagian bawahnya berlawanan arah dari gulungan tadi. Pastikan untuk tidak menggulung terlalu kencang ya, yang penting rapi dan tidak keluar-keluar. Kemudian buatlah simpul dari rok plisket itu dan setelahnya bisa langsung disimpan di lemari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *